SISTEM INFORMASI KOPERASI KARYAWAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. ELODA MITRA)
PDF

Keywords

Eloda Mitra
koperasi karyawan
sistem informasi koperasi

How to Cite

Ajirasa, Agussalim, & Brastama PutraA. (2021). SISTEM INFORMASI KOPERASI KARYAWAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. ELODA MITRA). Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2(1), 114-121. Retrieved from http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/271

Abstract

Koperasi karyawan PT. Eloda Mitra adalah salah satu dari ribuan koperasi karyawan di Indonesia yang didirikan atas asas kekeluargaan dan bertujuan untuk mensejahterahkan sesama anggota. Untuk mencapai tujuan tersebut, koperasi karyawan memberikan layanan pinjaman kepada anggota, dengan modal yang berasal dari simpanan anggota koperasi. Seiring perkembangan zaman data koperasi semakin banyak dan transaksi semakin besar sehingga memperlambat kinerja pengurus koperasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan transparansi dana dengan mengembangkan sistem informasi koperasi karyawan berbasis web.

Pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode SDLC waterfall meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi dan pengujian sistem. Perancangan sistem dilakukan dengan membuat flowchart, data flow diagram, conceptual data model, dan physical data model. Pada tahap implementasinya sistem akan menggunakan platform web yang disusun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan basis data Mysql. Sedangkan untuk pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode ­black-box­. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi koperasi karyawan Pt. Eloda Mitra berbasis web yang mencangkup seluruh kebutuhan bisnis koperasi dan dapat diakses oleh semua anggota sehingga penyampaian informasi menjadi lebih cepat.

Dari penelitian yang telah dilakukan, sistem telah berhasil mengimplementasikan Sistem Informasi Koperasi Karyawan PT. Eloda Mitra. Didapatkan pula saran untuk pengembangan sistem yaitu penambahan metode bunga pinjaman, penambahan biaya dan perhitungan PPn serta aturan lain sesuai ketentuan koperasi Indonesia.

PDF