PENGAMANAN JARINGAN WLAN DARI SERANGAN SNFFING MENGGUNAKAN ARPWATCH DAN MAC ADDREES FILTERING
PDF

How to Cite

WidodoL. R. W., Henni Endah Wahanani, & Agung Mustika Rizki. (2021). PENGAMANAN JARINGAN WLAN DARI SERANGAN SNFFING MENGGUNAKAN ARPWATCH DAN MAC ADDREES FILTERING. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2(1), 106-111. Retrieved from http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/280

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi juga akan mempengaruhi perkembangan yang ada disekitar kita, salah satunya adalah mudahnya mencari tempat yang terdapat jaringan koneksi agar perangkat yang kita miliki dapat tersambung dan untuk jelajah dalam internet. Hal ini juga membuat beberapa pihak menyalahgunakan teknologi tersebut, contohnya adalah sniffing, yaitu memonitor semua kegiatan yang kita lakukan ketika melakukan jelajah dalam internet, ataupun mencuri dan mengeksploitasi data yang kita miliki secara illegal. Oleh sebab itu keamanan dalam jaringan juga perlu di perhatikan agar data yang kita miliki, yang seharusnya bersifat rahasia bisa bocor dan dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Di sini penulis akan menggunakan serangan sniffing untuk menemukan celah dari topologi jaringan yang ada, serangan pada penelitian ini menggunakan konsep serangan man-in-the-middle attack. Selain serangan, penulis juga akan menggunakan arpwatch dan juga mac address filtering untuk mendeteksi dan mencegah serangan yang terjadi dalam dalam penelitian kali ini.

Dengan adanya penelitian serta uji coba dilakukan oleh penulis, maka diharapkan keamanan dari topologi jaringan dapat mendeteksi serangan sniffing, dan juga serangan sniffing dapat dicegah.

PDF