Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Penggunaan Berkelanjutan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Sidoarjo
PDF

Keywords

Mobile JKN, Service Quality, MHealth, SmartPLS, BPJS Kesehatan

How to Cite

Asmaul Khusna, Doddy Ridwandono, & Arista Pratama. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Penggunaan Berkelanjutan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2(2), 152-161. Retrieved from http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/299

Abstract

Mobile JKN adalah aplikasi untuk sistem asuransi kesehatan nasional yang merupakan bentuk transformasi digital model bisnis yang dibuat oleh BPJS Kesehatan. Dari semula yang berupa kegiatan administratif di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan kemudian diubah kedalam bentuk mobile application. Banyak pengguna yang masih belum menggunakan aplikasi Mobile JKN ini. Hasil dari observasi pada platform aplikasi GooglePlay mendapat rating kepuasan yang rendah dan masih banyak peserta BPJS yang datang ke tempat Cabang BPJS Sidoarjo. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan dan penggunaan layanan mHealth Mobile JKN secara berkelanjutan dengan menggunakan model Service Quality of mHealth untuk memprediksi kepuasan pengguna dan penggunaan berkelanjutan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner secara online dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling dan menghasilkan 100 responden peserta JKN-KIS yang menggunakan aplikasi Mobile JKN. Pengujian model dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Information Quality sebagai dimensi dari Service Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dan niat pengguna untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN secara berkelanjutan . Sedangkan variabel Monetary Cost tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dan niat pengguna untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN secara berkelanjutan

Kata Kunci : Mobile JKN, Service Quality, MHealth, SmartPLS, BPJS Kesehatan

PDF