Faktor Perilaku Penggunaan Aplikasi Portal PLN Pelayanan Pelanggan
PDF

How to Cite

RAHMAWATIN. E., Lathif Mardi SuryantoT., & WulansariA. (2021). Faktor Perilaku Penggunaan Aplikasi Portal PLN Pelayanan Pelanggan: Analisis Manajemen Sistem Informasi. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2(2), 467-474. Retrieved from http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/304

Abstract

Pada era globalisasi ini banyak sekali jenis teknologi informasi yang muncul salah satunya adalah e-government dinas pemerintahan yaitu PORTAL PLN. Untuk melengkapi kebutuhan masyarakat yang biasanya melalui pelayanan secara langsung di Kantor Unit Layanan Pelanggan terdekat, PLN mengembangkan Aplikasi PORTAL PLN. Dengan adanya Aplikasi PORTAL PLN pengguna akan mendapatkan informasi secara update serta bisa mendaftarkan secara mandiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna, dan bisa mengetahui kalkulasi biayanya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor perilaku yang mempengaruhi pengguna dalam menerima Aplikasi PORTAL PLN. Metode penelitian yang digunakan yaitu UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) dari (Kurfalı, M., Arifoğlu, A., Tokdemir, G., & Paçin, Y., 2017) Pacin dengan tujuh variabel yang terdiri dari performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, trust of internet, trust of government, dan behavioral intention to use e-government services. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 302 pengguna masyarakat Kota Surabaya yang telah menggunakan Aplikasi PORTAL PLN. Data penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan perangkat lunak WarpPLS 7.0.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi pengguna menerima Aplikasi PORTAL PLN terdiri dari performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating condition dengan hasil berpengaruh signifikan (p value < 0,05) terhadap niat penggunaan Aplikasi PORTAL PLN. Sedangkan, trust of internet dan trust of government juga berpengaruh signifikan (p value < 0,05) terhadap harapan kinerja. Selain itu, trust of internet dan trust of government ditemukan tidak berpengaruh signifikan (p value > 0,05) terhadap niat penggunaan Aplikasi PORTAL PLN. Dan untuk faktor yang paling mempengaruhi pengguna menerima Aplikasi PORTAL PLN adalah trust of internet terhadap harapan kinerja dengan nilai path coefficient paling besar yaitu senilai 0.575.

PDF