Implementasi Decision Tree Untuk Diagnosis Gangguan Kecemasan Umum
PDF

How to Cite

YUSMI NUR AINI, Yulia PuspaningrumE., & Syaifullah JSW. (2021). Implementasi Decision Tree Untuk Diagnosis Gangguan Kecemasan Umum . Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2(2), 395-402. Retrieved from http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/318

Abstract

Gangguan Kecemasan umum atau yang biasa disebut GAD (generalized anxiety disorder) merupakan salah satu satu gangguan kecemasan yang dapat ditandai dengan adanya perasaan cemas yang berelebihan, kecemasan ini biasanya terjadi karena penderita terlalu mengkhawatirkan segala hal yang terjadi diwaktu yang akan datang. Kecemasan ini sangat sulit bahkan tidak dapat dikendalkan. Pendeteksian dini terhadap gangguan kecemasan umum dapat di presiksi oleh suatu sistem. Dengan menggunakan algoritma C5.0 sebuah sistem dapat digunakan untuk membangun sebuah aturan keutusan atau rule yang digunakan untuk mendiagnosis atau memrediksi gangguan kecemasan umum. Algoritma C5.0 dapat mengatasi permasalahan secara terstruktur dengan  membentuk sebuah pohon keputusan atau decision tree dengan melalui beberapa tahapan yaitu memilih atribut sebagai akar atau root, membuat cabang  untuk masing-masing  data pada tiap atribut, membagi kasus kedalam cabang, pemangkasan cabang dan mengulangan proses pada masing-masing cabang hingga seluruh kasus pada cabang  dapat menghasilkan suatu keputusan yang sesuai untuk mendiagnosis gangguan kecemasan umum.

Pohon keputusan yang terbangun  dari sistem ini memiliki nilai akurasi sebesar 95%. Nilai akurasi tersebut dapat berubah sesuai dengan pemilihan data uji dan data latih karena ada setiap data  akan menghasilkan aturan dan ohon keutusan yang berbeda-beda.

Kata kunci: Decision Tree. Diagnosis, Generalized Anxiety Disorder, Algoritma C5.0, GAD-7 (Generalized Anxiety Disorder-7)

PDF