Klasifikasi Opini Pengguna Smartphone Pada Twitter Di Indonesia

  • Ega Dharmawan Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Eka Dyar Wahyuni Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa TImur
  • Amalia Anjani Arifiyanti Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa TImur

Abstract

Twitter merupakan salah satu sosial media yang memiliki pengguna paling banyak di dunia. Di indonesia, sebanyak 19,5 juta orang aktif menggunakan twitter tahun 2019. Dengan banyaknya pengguna, maka tweet yang dihasilkan perharinya juga sangat banyak. Ini adalah alasan mengapa twitter merupakan sosial media yang tepat di dalam melakukan klasifikasi opini. Dengan klasifikasi opini, banyak hal menarik yang didapatkan. Seperti mengetahui bagaimana respon masyarakat tehadap sebuah permasalahan hingga menganalisa tanggapan tersebut. Persaingan tiap perusahaan smartphone untuk meningkatkan kualitasnya dan mendapatkan pelanggan perlu adanya analisa, salah satunya adalah dengan menggunakan klasifikasi opini. Pembuatan sistem klasifikasi opini pengguna smartphone pada twitter di indonesia ini dibangun menggunakan python dan framework django. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur, lalu analisis kebutuhan sistem dan data, perancangan model, pembangunan model menggunakan algoritma Naive Bayes, evaluasi model, perancangan sistem, pembangunan sistem dan implementasi sistem. Sistem yang dibuat mampu menghasilkan perbandingan opini dari tweet pengguna smartphone yang dicari dalam Twitter. Sistem ini dibangun dengan menggunakan model opini yang dibuat untuk memisahkan tweet opini dengan tweet fakta. Model opini memiliki dataset dengan jumlah 500 tweet yang diambil dalam waktu 1 januari 2018 hingga 31 desember 2018. Pengujian hamming distance juga dilakukan pada dataset dan menghasilkan nilai sebesar 99.4%. Pengambilan dataset diambil dengan menggunakan keyword tentang smartphone seperti samsung, xiaomi, advan, vivo dan oppo. Pengujian dilakukan dengan menggunakan beberapa skenario dengan parameter algoritma (Multinomial Naive Bayes, Gaussian Naive Bayes, dan Bernoulli Naive Bayes) dan jumlah test size. Hasil terbaik untuk model opini adalah akurasi sebesar 88.6%

Published
2020-03-09
How to Cite
Dharmawan, E., Dyar Wahyuni, E., & Anjani Arifiyanti, A. (2020). Klasifikasi Opini Pengguna Smartphone Pada Twitter Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1), 121-126. https://doi.org/10.33005/jifosi.v1i1.32