Analisis Faktor Penerimaan Virtual Tour UPN “Veteran” Jawa Timur Menggunakan Metode TAM
PDF

How to Cite

ningtiasE. K. D. N., Lathif Mardi SuryantoT., & Maya SafitriE. (2021). Analisis Faktor Penerimaan Virtual Tour UPN “Veteran” Jawa Timur Menggunakan Metode TAM. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2(2), 369-376. Retrieved from http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/330

Abstract

Berbagai kebijakan mengenai penerapan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu bentuk usaha untuk mewujudkan penyampaian informasi yang efisien dan efektif, salah satu lembaga atau instansi yang melakukan penerapan kebijakan teknologi informasi dan komunikasi adalah lembaga pendidikan. Disaat teknologi sedang berkembang khususnya teknologi komunikasi bersamaan pula dengan hadirnya Pandemi COVID-19. Berkaitan dengan hal tersebut, bahwa untuk memberikan informasi yang terbaik juga dirasakan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dalam pengenalan situasi dan kondisi kampus dengan menerapkan Kampus Virtual Tour .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan virtual tour UPN “Veteran” Jawa Timur berdasarkan model Technology Acceptance Model (TAM) dari Kai Israel, Dieter K Tscheulin, & Christopher Zerres (2018). Penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 266 responden yang merupakan mahasiswa aktif di UPN “Veteran” Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi perilaku pengguna dalam menggunakan virtual tour UPN “Veteran” Jawa Timur secara berkelanjutan adalah faktor perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward to using, telepresence, dan task technology fit dengan hasil berpengaruh signifikan (p value < 0,05) terhadap niat penggunaan virtual tour UPN “Veteran” Jawa Timur . Sedangkan faktor yang paling mempengaruhi perilaku pengguna menerima Virtual Tour UPN “Veteran” Jawa Timur adalah faktor task technology fit, hal ini karena task technology fit memiliki nilai path coefficient paling besar yaitu senilai 0.465 dibanding variabel lainnya.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model, Virtual Tour, analisis faktor penerimaan

PDF