Pengujian Menggunakan Black Box Berbasis Equivalence Partitioning Pada Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Dinas Kominfo Jombang
PDF

How to Cite

Erlina Diah Karisma, Endah WahananiH., & Lina NurlailiA. (2021). Pengujian Menggunakan Black Box Berbasis Equivalence Partitioning Pada Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Dinas Kominfo Jombang. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2(2), 275-281. Retrieved from http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/338

Abstract

Pengujian sistem sangat diperlukan guna memastikan sistem tersebut sudah berjalan sesuai fungsionalitas yang di harapkan, dan mengetahui kesalahan sistem sejak awal sebelum digunakan oleh pengguna sehingga dapat dilakukan perbaikan secepatnya agar digunakan secara optimal dan data yang dihasilkan sesuai dengan input setelah data di eksekusi.

Permasalahan yang ada didalam penelitian penulis yaitu bagaimana menerapkan black box testing berbasis equivalence partitioning pada sistem layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat yang ada pada Dinas KOMINFO Jombang, dengan menguji tiap form yang ada pada sistem agar dapat mengetahui kesalahan serta tingkat akurasi sistem.

Penelitian dilakukan dengan berfokus pada pengujian menggunakan blackbox testing equivalenc partitioning, hasil akhir pengujian menggunakan metode tersebut adalah mengetahui nilai efektifitas dari sistem tersebut, dan rekomendasi perbaikan yang diperlukan dengan melakukan penentuan test case sistem, inisialisasi standar grade partition input dan output, pembuatan skenario pengujian. (Hasil akhir terhadap pengujian memnujukan tingkat keefektifan darr fungsional sistem sebesar 79,94%  serta rekomendasi perbaikan yang diperlukan.

 

PDF