http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/issue/feed Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI) 2021-06-04T11:53:13+00:00 Agussalim agussalim.si@upnjatim.ac.id Open Journal Systems <p>Merupakan media publikasi ilmiah dosen, mahasiswa, peneliti, dan praktisi pada bidang Teknik informatika dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara online oleh Fakultas Ilmu Komputer UPN "Veteran" Jawa Timur.<br>JIFOSI berisi hasil karya ilmiah berupa studi kasus, progres skripsi, dan skripsi maupun penciptaan karya lainnya yang diterbitkan dalam bentuk artikel ilmiah.</p> <p>Online ISSN : 2722-130X</p> http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/322 Halaman Depan dan Daftar Isi 2021-06-04T11:53:13+00:00 Agussalim jifosi.upn@gmail.com <p>Halaman Depan dan Daftar Isi</p> 2021-06-04T11:52:40+00:00 Copyright (c) 2021 Editor in chief http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/279 DIAGNOSIS ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) BERDASARKAN DSM-IV MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES 2021-03-31T12:48:48+00:00 Brenda Clarinta brendaclarinta@gmail.com Eka Prakarsa Mandyartha eka_prakarsa.fik@upnjatim.ac.id Budi Nugroho budinugroho.if@upnjatim.ac.id <p>Sistem diagnosa <em>Attention Deficit Hyperactivity Disorder </em>(ADHD) menggunakan algoritma naive bayes bertujuan untuk membantu psikiater maupun dokter medis dalam bidang psikologi dan orang tua dalam mendiagnosa awal gejala <em>Attention Deficit Hyperactivity Disorder </em>(ADHD). Sistem ini membantu dalam penanganan yang diperlukan melalui nilai persentase tipe gangguan yang dialami sehingga mengurangi resiko yang berkelanjutan. Dalam penelitian ini algoritma yang digunakan adalah naive bayes. Algoritma naive bayes berfungsi untuk melakukan klasifikasi dari beberapa gejala yang dialami oleh user untuk dapat menentukan nilai probabilitas. Berdasarkan pengujian nilai akurasi yang telah dilakukan dengan menggunakan dua skenario mendapat nilai sebesar 100 % dengan nilai sensitifitas dan nilai spesifitas sebesar 100% untuk skenario pertama sedangkan pada skenario kedua akurasinya sebesar 93,3% dengan nilai sensitifitas sebesar 100% dan nilai spesifitas sebesar 87,5%.</p> <p><strong><em>Kata Kunci : </em></strong><em>ADHD, metode naive bayes, framework codeigniter</em></p> 2021-03-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Brenda Clarinta http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/276 DETEKSI OBJEK MOBIL DAN MOTOR PADA LALU LINTAS BERBASIS DEEP LEARNING 2021-03-31T12:49:12+00:00 BAGUS ADHI WICAKSONO bagus.adhi29@gmail.com Intan Yuniar Purbasari intanyuniar.if@upnjatim.ac.id Yisti Vita Via yistivia.if@upnjatim.ac.id <p>Pemerintah disuatu wilayah atau kota memiliki aturan masing – masing untuk mengatur aktifitas penduduknya, terutama dalam hal berkendara atau beraktifitas di jalan raya. Pemerintah harus mengetahui kondisi atau keadaan di suatu wilayah tertentu dalam memberlakukan aturan-aturan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang dapat digunakan untuk membantu mengawasi dan mengetahui kondisi atau keadaan wilayah tertentu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan salah satu bidang pada <em>computer vision</em> dan <em>Artificial Intellegence</em> yaitu <em>Object Detection</em>. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan sistem deteksi objek pada kendaraan mobil dan motor dengan Menggunakan Algoritma <em>Convolutional Neural Network</em> (CNN) pada <em>You Only Look Once</em> (Yolov3) menggunakan jaringan syaraf konvolusional untuk melakukan deteksi pada objek. Drone berfungsi sebagai alat bantu untuk mengambil citra pada suatu wilayah, yang selanjutnya di proses menggunakan algoritma <em>Convolutional Neural Network </em>(CNN) pada komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan <em>Convolutional Neural Network</em> (CNN) pada <em>You Only Look Once </em>(YOLOv3) untuk deteksi kendaraan dengan cukup baik. Hasil pengujian menggunakan 100 citra yang dibagi menjadi 4 berdasarkan lokasi pengujian pada masing – masing <em>threshold</em> menghasilkan nilai rata – rata <em>precision </em>sebesar 0.96, nilai <em>recall </em>sebesar 0.96, dan <em>f1-score </em>sebesar 0.96, serta nilai <em>mean Average Precicison</em> (mAP) sebesar 98,50% Hasil pengujian menggunakan video menunjukkan bahwa hasil deteksi memiliki tingkat ketepatan diatas nilai <em>confidence</em> 0.50.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Deteksi Objek, <em>Convolutional Neural Network</em> (CNN), <em>You Only Look Once</em> (YOLO)</p> 2021-03-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 BAGUS ADHI WICAKSONO http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/282 ANALISIS SENTIMEN HASHTAG KULINER DI INDONESIA MENGGUNAKAN NAIVE BAYES 2021-03-31T12:53:13+00:00 Aisyah Firdausi Rahma aisyahfirdausi73@gmail.com Agussalim agussalim.si@upnjatim.ac.id Dhian Satria Yudha Kartika dhian.satria@upnjatim.ac.id <p>Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi baru semakin banyak bermunculan. Banyaknya teknologi baru tersebut mengakibatkan jumlah data yang dihasilkan semakin meningkat. Munculnya media sosial bernama twitter pada tahun 2006 juga ikut menyumbang peningkatan jumlah data yang ada. Penggunaan media sosial twitter ini dapat menjadikan penggunanya berbagi tentang keseharian ataupun informasi dengan rekan atau kerabat secara <em>realtime</em>. Jumlah pengguna twitter yang sangat tinggi dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk melakukan jual beli (promosi), dapat juga untuk menuliskan perasaan apa yang dirasakan, produk apa saja yang sedang digunakan dan juga referensi tempat makan atau kuliner di Indonesia. Hal tersebut adalah salah satu alasan mengapa twitter merupakan sosial media yang tepat didalam melakukan analisis sentimen. Analisis sentimen sendiri perlu dilakukan karena penggunaan media sosial yang semakin meningkat sehingga dapat mempengaruhi perkembangan opini publik.</p> <p>Pembuatan model analisis sentimen dengan hashtag kuliner pada twitter di Indonesia ini dibangun menggunakan python. Penelitian dilakukan dengan melakukan tahapan pengumpulan data, <em>preprocessing</em>, pelabelan data (positif, negatif, dan netral), pembobotan teks, pembagian data, Naive Bayes <em>Classifier</em>, evaluasi model klasifikasi serta visualisasi. Model ini dibangun dengan menggunakan dua skenario. Pada tahapan pembobotan teks, skenario pertama adalah menggunakan <em>Bag of Words</em> selanjutnya pada skenario kedua menggunakan TFIDF. Dataset yang digunakan memiliki jumlah 748 tweet yang diambil dalam waktu 1 Januari 2020 hingga 30 November 2020. Dataset sudah diberi 3 label yaitu positif, negatif dan netral. Pengambilan dataset diambil dengan menggunakan kata kunci yang memiliki hashtag kuliner. Hasil dari akurasi terbaik yang didapat adalah 98% pada percobaan menggunakan algoritma Multinomial Naive Bayes pada skenario 1 dengan nilai akurasi 0.71, rata-rata <em>precision</em> 0.80, rata-rata <em>recall</em> 0.53, dan rata-rata <em>f-score</em> 0.53.</p> 2021-03-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Aisyah Firdausi Rahma, Agussalim, Dhian Satria Yudha Kartika http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/275 ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA 2021-03-31T13:03:59+00:00 Nur Aini aini19622@gmail.com Doddy Ridwandono doddyridwandono.si@upnjatim.ac.id Eristya Maya Safitri maya.si@upnjatim.ac.id <p>Dengan adanya penerapan sistem informasi akademik atau <em>e-learning</em>, universitas atau institusi dapat memenuhi tuntutan kebutuhannya dalam proses belajar mengajar yang fleksibel dengan semakin berkembangnya dunia pendidikan. Begitu pula dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang diterapkan di Universitas Bhayangkara Surabaya (Ubhara). Sistem informasi manajemen ini merupakan sistem informasi akademik yang berbasis <em>website</em> yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja asalkan tersambung dengan koneksi internet. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model <em>end-user computing satisfaction</em> yang telah dimodifikasi oleh Aggelidis &amp; Chatzoglou (2012) dapat diaplikasikan pada Sistem Informasi Manajemen di Universitas Bhayangkara Surabaya dan apa saja faktor dari <em>end-user computing satisfaction </em>yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Metode ini merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis kepuasan pengguna sebuah sistem informasi. Penelitian ini menggunakan <em>pr</em><em>oportionate stratified random samplin</em><em>g </em>dengan jumlah responden sebanyak 363 responden yang merupakan mahasiswa aktif di Universitas Bhayangkara Surabaya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai <em>R-square </em>sebesar 45,4% yang menyatakan bahwa <em>information quality, system quality </em>dan <em>support in sourcing </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>overall satisfaction </em>(kepuasan secara keseluruhan). Kemudian <em>system quality </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>information quality</em>. Lalu <em>support in sourcing </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>system quality</em>.</p> 2021-03-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Nur Aini http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/269 IMPLEMENTASI METODE MOORA PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SMARTWATCH TERBAIK 2021-03-31T13:12:35+00:00 Muh. Miftakhun Nizar 1634010051@student.upnjatim.ac.id Ronggo Alit ronggo.if@upnjatim.ac.id Firza Prima Aditiawan firzaprima@gmail.com <p>Smartwatch atau bisa disebut jam pintar merupakan teknologi terbaru dari jam tangan digital maupun analog. Jam tangan ini merupakan jam tangan pintar yang menerapkan konsep IoT (Internet Of Things) dan memiliki fitur canggih seperti fitness atau health tracker, navigasi GPS, notifikasi pengingat, bahkan hiburan. Saat ini banyak smartwatch yang beredar mulai dari brand ternama hingga biasa saja dan harga yang beragam mulai dari Rp.45.700 hingga Rp. 19.999.000. Penelitian ini menggunakan metode MOORA untuk proses perhitungan sistem pendukung keputusan dalam pemilihan smartwatch terbaik. Metode MOORA digunakan karena metode MOORA memiliki tingkat fleksibilitas dan kemudahan untuk dipahami dalam memisahkan subjektif dari suatu proses evaluasi kedalam kriteria bobot keputusan dengan beberapa atribut pengambilan keputusan. Sistem pendukung keputusan ini dibangun menggunakan framework CodeIgniter dan database MySQL. Hasil penelitian menunjukkan sistem dapat berkerja dengan baik sesuai fungsinya, dan dapat menghasilkan hasil akhir Apple Watch Series 6 Aluminum 44mm dengan nilai 2.6638231757.</p> 2021-03-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Muh. Miftakhun Nizar http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/267 APLIKASI DIAGNOSA JENIS PENYAKIT PADA TANAMAN BELIMBING BERBASIS WEB 2021-03-31T13:19:38+00:00 Sufi Miftakhoneki sufimiftakhoneki@gmail.com Yisti Vita Via yistivia.if@upnjatim.ac.id Hendra Maulana hendra.maulana.if@upnjatim.ac.id <p>Dalam pembudidayaan tanaman belimbing untuk memenuhi permintaan pasar, sering kali memiliki berbagai permasalahan yang berhubungan dengan hama dan penyakit pada tanaman. Dimana dari permasalahan tersebut, dapat mengakibatkan kerugian bagi petani dalam hal penurunan hasil panen dan penurunan kualitas buah belimbing yang dihasilkan. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan seorang ahli atau pakar yang mengerti dan paham terkait hama dan penyakit pada tanaman belimbing, sehingga dapat memberikan solusi terbaik dari permasalahan yang ada. Namun dalam praktik budidayanya, petani masih terkendala oleh waktu dan tempat apabila ingin melakukan konsultasi dengan pakar, sehingga dari permasalahan tersebut dibuatlah sistem pakar yang dapat memudahkan petani agar dapat mendeteksi hama dan penyakit pada tanamannya dengan mudah dan cepat tanpa harus bertemu langsung dengan seorang pakar. Sistem pakar yang digunakan untuk mendeteksi hama dan penyakit pada tanaman belimbing yaitu dengan menggunakan metode <em>naive bayes</em>. Metode <em>naive bayes</em> merupakan metode yang cocok dalam proses penentuan identifikasi hama dan penyakit pada tanaman belimbing, dikarenakan metode ini hanya membutuhkan jumlah data pelatihan yang kecil untuk menentukan estimasi parameter yang diperlukan dalam proses pengklasifikasian. pada pengujian akurasi digunakan dataset sebanyak 100 data yang dibagi menjadi data training dan data uji. Pada pengujian menggunakan 25 data uji diperoleh tingkat akurasi sebesar 96%.</p> 2021-03-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 sufi miftakhoneki teknik informatika http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/266 FAKTOR FAKTOR PENGGUNAAN PADA PENERAPAN APLIKASI GOBIS MILIK DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA 2021-03-31T13:25:02+00:00 Eltria Warastuti Warastuti eltria.w14@gmail.com Tri Lathif Mardi Suryanto trilathif.si@upnjatim.ac.id Eristya Maya Safitri maya.si@upnjatim.ac.id <p>Transportasi semakin mengalami peningkatan dan juga perkembangan, salah satunya dalam bidang teknologi. Pemerintah Kota Surabaya turut berinovasi dalam bidang transportasi dengan meluncurkan transportasi umum yang bernama Suroboyo Bus. Seiring dengan kehadiran dari Suroboyo Bus, Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengembangkan aplikasi bernama GOBIS atau <em>Golek Bis</em>. Tetapi dalam aplikasi GOBIS ditemukan permasalahan seperti titik lokasi bus tidak sesuai dan juga terdapat <em>delay</em> dalam pengoperasian aplikasinya. Maka dari itu dirasa perlu untuk dilakukan evaluasi mengenai faktor yang mempengaruhi penggunaan pada penerapan Aplikasi GOBIS. &nbsp;Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah UTAUT yang terdiri dari <em>performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, attitude towards public transport </em>dan <em>attitude towards private cars. </em>Kuesioner dalam penelitian ini disebarkan kepada 270 masyarakat Kota Surabaya yang telah menggunakan Aplikasi GOBIS. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa faktor-faktor penggunaan Aplikasi GOBIS yakni <em>performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, attitude towards public transport </em>dan <em>attitude towards private cars.</em></p> 2021-03-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Eltria Warastuti Warastuti http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/265 PERSPEKTIF PERSPEKTIF PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS 2021-03-31T13:31:32+00:00 Fari Handhina Kirana 17082010005@student.upnjatim.ac.id Tri Lathif Mardi Suryanto trilathif.si@upnjatim.ac.id Eristya Maya Safitri maya.si@upnjatim.ac.id <p>SMAN 18 Surabaya adalah salah satu Sekolah Menengah Atas yang berada di Kota Surabaya dan salah satu sekolah yang melaksanakan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Surabaya dan memperhatikan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan Aplikasi yaitu <em>Microsoft Teams</em>. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif pengguna terhadap penerapan Aplikasi <em>Microsoft </em>di SMAN 18 Surabaya. Penelitian ini mengadopsi ISSM Delone Mclean dan TAM (<em>Technology Acceptance Mode</em><em>l) </em>dari Hossein Mohammadi. Jumlah sampel sebanyak 247 siswa-siswi SMAN 18 Surabaya tahun 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan identifikasi analisis perspektif pengguna terhadap penerapan Aplikasi Microsoft Teams , maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perspektif pengguna penelitian ini yaitu <em>satisfaction</em> dan <em>intention to use</em>&nbsp; memiliki efek positif terhadap <em>actual use</em> pada Aplikasi Microsoft Teams. <em>Education quality</em>&nbsp; menjadi faktor utama yang mendorong <em>satisfaction</em>&nbsp; dan intention to use&nbsp; terhadap penggunaan Aplikasi Microsoft Teams. Sedangkan, <em>perceived ease of use</em>&nbsp; memediasi hubungan antara <em>actual use</em> dan&nbsp; <em>intention to use.</em> Hal ini didapat dari hasil uji hipotesis. Sedangkan faktor yang paling mempengaruhi dalam penggunaan berkelanjutan pada Aplikasi Microsoft Teams di SMAN 18 Surabaya dengan menggunakan model ISSM Delone Mclean dan TAM , yaitu <em>Intention to Use</em> didapatkan dari nilai <em>path coefficient</em>&nbsp; yang paling besar sebesar 0.548.</p> 2021-03-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Fari Handhina Kirana http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/260 Penggunaan lift pada gedung-gedu DETEKSI DAN MENGHITUNG MANUSIA MENGGUNAKAN YOLO-CNN 2021-03-31T14:03:06+00:00 Bima Putra bimapamungkas027@gmail.com Budi Nugroho budinugroho.if@upnjatim.ac.id Fetty Anggraeny fettyanggraeny.if@upnjatim.ac.id <p>Penggunaan lift pada gedung-gedung bertingkat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan akan efisiensi waktu sehingga dapat meningkatkan kinerja penggunanya. Jumlah manusia yang semakin hari semakin bertambah jika dibandingkan dengan kapasitas lift yang kecil akhirnya menimbulkan masalah baru, yaitu ketika jumlah manusia tidak sebanding dengan kapasitas ruang yang tersedia. Pada tahun 2020 muncul peraturan baru dalam penggunaan lift yang diatur oleh Menteri Kesehatan RI. Adanya pembatasan jumlah orang yang masuk dalam lift sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 di tempat kerja selama pandemi membutuhkan kontrol khusus yang tidak dapat dideteksi oleh sistem kerja lift itu sendiri. Penanganan untuk kondisi darurat seperti pandemi membutuhkan bantuan teknologi lainnya untuk mengetahui jumlah pengguna yang berada didalam lift menggunakan &nbsp;CCTV. Hasil rekaman CCTV dalam lift dapat digunakan sebagai bahan data uji untuk dihubungkan dengan sistem teknologi yang lebih tinggi untuk mendeteksi jumlah manusia. Untuk itu penelitian ini menggunakan YOLOv3 dan YOLOv2 yang merupakan salah satu algoritma dari <em>Deep Learning</em> <em>network</em> sebagai metode pembelajaran mendalam untuk mendeteksi dan menghitung manusia. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan model YOLOv3 mendapatkan nilai rata-rata <em>confidence </em>0,90 dibandingkan dengan YOLOv2 yang memiliki rata-rata nilai <em>confidence </em>0,61. Hal ini dikarenakan YOLOv3 memiliki jumlah layer lebih banyak dibandingkan dengan YOLOv2. Namun, waktu yang diperlukan dalam menjalankan program dengan YOLOv3 lebih lama dibandingkan dengan YOLOv2</p> 2021-03-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Bima Putra http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/294 Rancangan Aplikasi Admin Untuk Admin Stock Berbasis Web Dengan Metode Gamifikasi. 2021-03-31T14:08:01+00:00 Berryl Pamudya Firensha berrylpf2.if@gmail.com Pratama Wirya Atmaja pratama_wirya.fik@upnjatim.ac.id Budi Nugroho budinugroho.if@upnjatim.ac.id <p>Perusahaan PT. Bahtera Setia Group memiliki sebuah sistem yang berguna untuk menghubungkan antara divisi satu dengan divisi lainnya. Dengan menggunakan sistem ini diharapkan dapat memudahkan karyawan menyelesaikan pekerjaannya, tetapi di dalam sistem ini masih belum ada penunjang untuk meningkatkan motivasi karyawannya. Dihadapkan dengan tekanan dari <em>Deadline</em> dan kesesuaian SOP perusahaan membuat perusahaan harus memberikan motivasi lebih kepada karyawannya.</p> <p>Gamifikasi ini bertujuan untuk membuat suatu kegiatan menjadi berjalan atau terasa seperti gim agar dapat meningkatkan motivasi dari penggunanya. Metode ini nantinya akan diterapkan dalam sistem yang sudah ada di perusahaan ini dengan memberikan unsur-unsur berdasarkan keinginan dari pengguna yang berhubungan langsung dengan sistem.</p> <p>Penerapan ini nantinya akan memodifikasi sistem yang sudah ada dengan diberikan unsur-unsur gamifikasi seperti <em>Leaderboard, </em><em>Score</em> dan <em>Quest </em>berdasarkan Skill Atom pada pengguna yang berhubungan langsung dengan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah membuat perancangan <em>Database</em> dan <em>Mockup</em> sistem baru dengan diberikan unsur-unsur gamifikasi yang sudah ditentukan dari kebutuhan <em>User</em> yang berhubungan langsung dengan sistem berdasarkan sistem yang sudah ada sebelumnya.</p> 2021-03-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Berryl Pamudya Firensha http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/292 Penerapan Algoritma C4.5 untuk Grading Kualitas Motor Bekas di UD. Permata Motor 2021-03-31T14:13:01+00:00 Moch. Zacharia Azra mzachariaazra.if@gmail.com Intan Yuniar Purbasari intanyuniar.if@upnjatim.ac.id Basuki Rahmat basukirahmat.if@upnjatim.ac.id <p>Teknologi Informasi pada zaman ini telah berkembang dengan pesat. Banyak sektor memakai teknologi informasi sebagai sarana untuk memudahkan pekerjaan dari sektor tersebut. Salah satu perkembangan yang berguna untuk berbagai sektor adalah data mining, yang merupakan proses pencarian informasi dengan menemukan pola baru pada sebuah data besar. Data Mining adalah proses mengolah data-data&nbsp; menjadi informasi yang lebih berguna dan lebih dapat digunakan. Usaha dealer kendaraan bermotor adalah salah satu bidang usaha yang membutuhkan peran teknologi informasi untuk keperluan usahanya. Salah satu hal yang dibutuhkan dalam penjualan kendaraan bermotor adalah sistem untuk mengelompokkan data unit berdasarkan kualitas unit. Dengan permasalahan tersebut, dibuatlah suatu sistem untuk mengelompokkan unit-unit yang akan dijual berdasarkan kualitas dan kelayakan unit, sehingga didapatkan output berupa <em>grade</em> kualitas motor yang dapat dijadikan acuan oleh perusahaan untuk menentukan harga beli atau harga jual unit yang akan dilakukan pengadaan dan/atau penjualan. Proses klasifikasi grade motor bekas pada UD. Permata Motor dapat dilakukan dengan&nbsp; sistem dengan menggunakan algoritma C4.5 Dengan algoritma tersebut, sistem yang dibangun akan menciptakan aturan keputusan untuk mengetahui grade motor bekas yang akan dilakukan pengadaan oleh dealer motor tersebut. &nbsp;Hasil dari pohon keputusan yang dibangun membuahkan hasil yang cukup baik. Nilai pengujian kinerja dari masing-masing parameter, seperti akurasi, presisi, <em>recall</em>, dan <em>specificity</em> pada pohon keputusan dan aturan keputusan yang sudah dibuat dapat mencapai nilai 100%. Data yang akan digunakan dalam sistem ini akan sangat mempengaruhi hasil dari pengukuran kinerja algoritma dan hasil uji coba sistem.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci</strong><strong>: </strong><em>Grading</em>, Sepeda Motor, Dealer, Algoritma C4.5</p> 2021-03-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Moch. Zacharia Azra, Intan Yuniar Purbasari, Basuki Rahmat http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/268 MENGELOMPOKKAN TOPIK TWEET AKUN POLITISI DENGAN PEMODELAN TOPIK METODE AUTHOR-TOPIC MODELS 2021-03-31T14:17:41+00:00 Rifqi Nafis rifqinafis16@gmail.com Rizky Parlika rizkyparlika@upnjatim.ac.id Sugiarto sugiarto.if@upnjatim.ac.id <p>Twitter merupakan sebuah platform untuk berhubungan satu sama lain agar tetap berkomunikasi dan tetap terhubung dengan mengirim pesan cepat dan daring. Pada Twitter juga dapat membuat <em>tweet</em> yang berisi foto, video, tautan, atau teks. Pada aplikasi Twitter pengguna cenderung lebih mengutarakan isi hati yang sebenarnya dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Pada tahun 2020 ini telah terjadi wabah atau pandemi Covid-19 dan pada akhir tahun bulan Desember akan diselenggarakan pilkada serentak seluruh Indonesia. Dari hal tersebut dibutuhkannya sebuah platform yang mampu memberikan informasi visual terhadap aktivitas politisi dalam hal mengutarakan isi hatinya di media sosial Twitter dengan melakukan <em>topic modelling</em> terhadap aktivitas politisi tersebut ketika membuat sebuah tulisan atau <em>tweet</em> menggunakan metode <em>Author-Topic Models</em>. Penelitian ini dikhususkan untuk menganalisa data <em>tweet</em> akun Twitter politisi di Indonesia, proses pengambilan data dilakukan dengan cara <em>crawling</em> data pada <em>user timeline</em> aplikasi Twitter. Setelah data didapatkan kemudian akan dianalisa dengan menggunakan <em>Author-Topic Models</em> dan dilakukan visualisasi terhadap topik pembahasan berdasarkan <em>tweet</em> yang telah dibuat oleh masing-masing akun Twitter politisi. Melalui proses <em>topic modelling</em>, telah didapatkan hasil terbaik berupa 3 topik. Model 3 topik tersebut dikatakan terbaik karena memiliki nilai <em>perplexity</em> terendah diantara jumlah topik lain yang diuji. 3 topik yang terbentuk dianalisis dan diterjemahkan ke dalam label kategori, yaitu “Rakyat Tolak RUU Cipta Kerja”, “Ucapan Syukur saat Pandemi”, “Kondisi Ekonomi saat Pandemi” dengan jumlah data <em>tweet</em> yang digunakan adalah 24846 data <em>tweet</em> dari 36 akun Twitter politisi.</p> 2021-03-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Rifqi Nafis http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/280 PENGAMANAN JARINGAN WLAN DARI SERANGAN SNFFING MENGGUNAKAN ARPWATCH DAN MAC ADDREES FILTERING 2021-03-31T14:24:08+00:00 Lukyto Rachmat Widodo Widodo wlukyto@gmail.com Henni Endah Wahanani henniendah.if@upnjatim.ac.id Agung Mustika Rizki agung.mustika.if@upnjatim.ac.id <p>Semakin berkembangnya teknologi juga akan mempengaruhi perkembangan yang ada disekitar kita, salah satunya adalah mudahnya mencari tempat yang terdapat jaringan koneksi agar perangkat yang kita miliki dapat tersambung dan untuk jelajah dalam internet. Hal ini juga membuat beberapa pihak menyalahgunakan teknologi tersebut, contohnya adalah sniffing, yaitu memonitor semua kegiatan yang kita lakukan ketika melakukan jelajah dalam internet, ataupun mencuri dan mengeksploitasi data yang kita miliki secara illegal. Oleh sebab itu keamanan dalam jaringan juga perlu di perhatikan agar data yang kita miliki, yang seharusnya bersifat rahasia bisa bocor dan dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.</p> <p>Di sini penulis akan menggunakan serangan sniffing untuk menemukan celah dari topologi jaringan yang ada, serangan pada penelitian ini menggunakan konsep serangan man-in-the-middle attack. Selain serangan, penulis juga akan menggunakan arpwatch dan juga mac address filtering untuk mendeteksi dan mencegah serangan yang terjadi dalam dalam penelitian kali ini.</p> <p>Dengan adanya penelitian serta uji coba dilakukan oleh penulis, maka diharapkan keamanan dari topologi jaringan dapat mendeteksi serangan sniffing, dan juga serangan sniffing dapat dicegah.</p> 2021-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Lukyto Rachmat Widodo Widodo, Henni Endah Wahanani, Agung Mustika Rizki http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/271 SISTEM INFORMASI KOPERASI KARYAWAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. ELODA MITRA) 2021-03-31T14:34:03+00:00 Ajirasa 1635010046@student.upnjatim.ac.id Agussalim agussalim.si@upnjatim.ac.id Agung Brastama Putra agungbp.si@upnjatim.ac.id <p>Koperasi karyawan PT. Eloda Mitra adalah salah satu dari ribuan koperasi karyawan di Indonesia yang didirikan atas asas kekeluargaan dan bertujuan untuk mensejahterahkan sesama anggota. Untuk mencapai tujuan tersebut, koperasi karyawan memberikan layanan pinjaman kepada anggota, dengan modal yang berasal dari simpanan anggota koperasi. Seiring perkembangan zaman data koperasi semakin banyak dan transaksi semakin besar sehingga memperlambat kinerja pengurus koperasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan transparansi dana dengan mengembangkan sistem informasi koperasi karyawan berbasis <em>web</em>.</p> <p>Pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode SDLC <em>waterfall</em> meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi dan pengujian sistem. Perancangan sistem dilakukan dengan membuat <em>flowchart, data flow diagram, conceptual data model,</em> dan <em>physical data model</em>. Pada tahap implementasinya sistem akan menggunakan <em>platform web </em>yang disusun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan basis data <em>Mysql</em>. Sedangkan untuk pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode ­<em>black-box­</em>. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi koperasi karyawan Pt. Eloda Mitra berbasis <em>web</em> yang mencangkup seluruh kebutuhan bisnis koperasi dan dapat diakses oleh semua anggota sehingga penyampaian informasi menjadi lebih cepat.</p> <p>Dari penelitian yang telah dilakukan, sistem telah berhasil mengimplementasikan Sistem Informasi Koperasi Karyawan PT. Eloda Mitra. Didapatkan pula saran untuk pengembangan sistem yaitu penambahan metode bunga pinjaman, penambahan biaya dan perhitungan PPn serta aturan lain sesuai ketentuan koperasi Indonesia.</p> 2021-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ajirasa