SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI MAGANG DAN KUNJUNGAN (STUDI KASUS: BANK INDONESIA KPW JAWA TIMUR)
DOI:
https://doi.org/10.33005/jifosi.v2i2.109Keywords:
sistem informasi administrasi, v-modelAbstract
Bank Indonesia KPw Jawa Timur dalam rangka melaksanakan program edukasimasyarakat mengenai bidang tugas Bank Indonesia. Bank Indonesia menerimakunjungan masyarakat dan juga magang guna memberikan kesempatan bagi mahasiswauntuk mempelajari dan mengembangkan diri melalui keterlibatan langsung dalampelaksanaan tugas di Bank Indonesia. Kegiatan administrasi magang dan kunjungandengan beberapa batasan pada Bank Indonesia KPw Jawa Timur saat ini masihdilakukan dengan cara manual dan rekapitulasi data masih menggunakan buku, padakasus pemberitaan mengenai informasi yang ingin disebarkan oleh Bank Indonesiamasih terbatas dalam penyebarannya. Alur yang dimiliki pada administrasi tersebutcukup panjang dan beresiko tidak tersalurkannya data pendaftar dan sulit diterapkannyabatasan-batasan yang ditetapkan, timbal balik antar pihak pun membutuhkan waktuyang lama dan datanya pun tidak tersimpan dengan baik. Untuk itu dibuatlah sisteminformasi administrasi magang dan kunjungan yang mencakup proses administrasi daripendaftaran hingga persetujuan dan juga wadah pemberitaan sehingga alur prosesadministrasi magang dan kunjungan dapat lebih optimal. Sistem informasi administrasimagang dan kunjungan berbasis website. Metode penelitian yang digunakan padapenelitian ini memiliki tahap dimulai dari wawancara, studi literature, perancangansistem dengan menerapkan SDLC V-Model yang dibagi menjadi 5 tahap perancangandan 4 tahap pengujian.