ANALISIS FAKTOR PENERIMAAN VIRTUAL TOUR UPN “VETERAN” JAWA TIMUR MENGGUNAKAN METODE TAM
DOI:
https://doi.org/10.33005/jifosi.v2i2.101Keywords:
Technology Acceptance Model, Virtual Tour, analisis faktor penerimaanAbstract
Berbagai kebijakan mengenai penerapan teknologi informasi dan komunikasi merupakansalah satu bentuk usaha untuk mewujudkan penyampaian informasi yang efisien danefektif, salah satu lembaga atau instansi yang melakukan penerapan kebijakan teknologiinformasi dan komunikasi adalah lembaga pendidikan. Disaat teknologi sedangberkembang khususnya teknologi komunikasi bersamaan pula dengan hadirnya PandemiCOVID-19. Berkaitan dengan hal tersebut, bahwa untuk memberikan informasi yangterbaik juga dirasakan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timurdalam pengenalan situasi dan kondisi kampus dengan menerapkan Kampus Virtual Tour .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhipenerimaan virtual tour UPN “Veteran” Jawa Timur berdasarkan model TechnologyAcceptance Model (TAM) dari Kai Israel, Dieter K Tscheulin, & Christopher Zerres(2018). Penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling denganjumlah responden sebanyak 266 responden yang merupakan mahasiswa aktif di UPN“Veteran” Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa faktor yangmempengaruhi perilaku pengguna dalam menggunakan virtual tour UPN “Veteran” JawaTimur secara berkelanjutan adalah faktor perceived usefulness, perceived ease of use,attitude toward to using, telepresence, dan task technology fit dengan hasil berpengaruhsignifikan (p value < 0,05) terhadap niat penggunaan virtual tour UPN “Veteran” JawaTimur . Sedangkan faktor yang paling mempengaruhi perilaku pengguna menerimaVirtual Tour UPN “Veteran” Jawa Timur adalah faktor task technology fit, hal ini karenatask technology fit memiliki nilai path coefficient paling besar yaitu senilai 0.465dibanding variabel lainnya.